Tertib Administrasi Akademik

1. Registrasi/Daftar Ulang
Registrasi diperlukan untuk pendataan ulang bagi mahasiswa lama maupun baru. Pelaksanaan registrasi memenuhi kewajiban administrasi bagi mahasiswa (membayar biaya kuliah) dengan waktu yang telah ditentukan. Apabila dalam waktu yang telah ditentukan belum melakukan registrasi, maka mahasiswa yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

2. Beban Studi Mahasiswa
Untuk jangka pendidikan S1, besarnya beban studi adalah sebesar 140 - 160 SKS. Untuk jenjang pendidikan D-III, besarnya beban studi adalah berkisar 110-120.

3. Perkuliahan
Pelaksanaan perkuliahan selenggarakan menurut jadwal yang telah ditetapkan. Berdasarkan peraturan akademik, bahwa perkuliahan dilaksanakan sebanyak-banyaknya 16 kali pertemuan dan sekurang-kurangnya 12 kali pertemuan selama satu semester. Ketentuan ini berlaku bagi mahasiswa dan dosen. Perkuliahan yang dilaksanakan dapat meliputi tiga macam kegiatan, yaitu :
  1. Tahap muka terjadual dengan dosen, seperti bentuk kuliah atau diskusi.
  2. Kegiatan terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadual tetapi direncanakan oleh dosen, seperti membuat tugas di rumah atau menyelesaikan pemecahan soal-soal.
  3. Kegiatan mandiri, yaitu kegiatan studi yang harus dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri, seperti membaca buku acuan dan buku anjuran, persiapan dan latihan untuk pematangan materi bahasan perkuliahan dan lain-lain.
4. Ujian.
Ujian yang diselenggarakan oleh STMIK Cikarang dilaksanakan dua kali selama satu semester, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Tujuan yang diharapkan dari ujian ini adalah :
  1. Menilai, apakah mahasiswa telah memahami dan menguasai pokok bahasan yang disajikan dalam kuliah.
  2. Menilai, apakah bahan kuliah yang disajikan telah sesuai dengan kurikulum.
  3. Menilai, apakah cara penyajian dosen cukup baik.
Ujian dapat dilaksanakan dalam bentuk ujian tertulis, ujian lisan, ujian semester, pemberian tugas, penulisan karangan ilmiah, sesuai dengan jenis mata kuliah dan tujuan kurikuler.

5. Penilaian
Penilaian yang berlaku saat ini terbagi atas dua bagian, yaitu :
a. PAB (Penilaian Acuan Baku).
b. PAN (Penilaian Acuan Normal).

Penilaian PAB dapat dilakukan bila populasi mahasiswa dalam suatu kelas kurang dari 50 orang (< 50) sedangkan penilaian PAN dapat dilakukan bila populasi suatu kelas labih atau sama dengan 50 orang (<=50). Persentase penilaian dari PAB adalah sebagai berikut :
P A B NILAI
81 - 100 A
70 - 80 B
50 - 69 C
40 - 49 D
< 40 E
Sedangkan persentase penilaian PAN adalah dengan menghitung nilai rata-rata suatu kelas (tiap kelas berbeda).
Penilaian keberhasilan mahasiswa dinyatakan dalam bentuk huruf A, B, C, D dan E. Keterangan lebih jauh mengenai penilaian dalam bentuk huruf adalah sebagai berikut :
NILAI BOBOT KETERANGAN
A 4 Baik Sekali
B 3 Sekali
C 2 Cukup
D 1 kurang
E 0 Gagal
Berdasarkan sistem penilaian akademik yang telah terkomputerisasi, maka STMIK Cikarang menggunakan Penialain Acuan Baku (PAB).

6. Komponen Nilai.
Dalam memberikan nilai akhir, ada beberapa nilai yang perlu diperhatikan, sehingga mahasiswa dapat ditingkatkan. Komponen nilai sebagai berikut :
KOMPONEN PENILAIAN PRESENTASI
Absensi 15 %
Tugas 15 %
Quiz 15 %
UTS 25 %
UAS 30 %
7. Indeks Prestasi
Indeks Prestasi adalah nilai rata-rata untuk mata kuliah yang telah diambil mahasiswa. Penilaian keberhasilan dinyatakan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Indeks Prestasi Semester (IPS) menunjukkan keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti program pendidikan dalam suatu semester, sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah hasil rata-rata seluruh indeks Prestasi yang telah dicapai pada semester-semester yang telah diikuti oleh mahasiswa yang bersangkutan secara kumulatif.

Formula untuk menghitung indeks Prestasi Semester/Kumulatif adalah sebagai berikut :
                    Jumlah Mutu
IPS/IPK = -------------------------------
                   Jumlah SKS yang diambil
Contoh:
MATA KULIAH
SKS
BOBOT
NILAI
MUTU
Pancasila
2
A
4
8
Pendidikan Agama
2
B
3
6
Pengantar Teknologi Informasi
2
B
3
6
Aplikasi Bisnis
2
B
3
6
Dasar Akuntansi
2
C
2
4
Aljabar Linier
2
A
4
8
Pengantar Ekonomi
2
B
3
6
Bahasa Inggris I
2
B
2
4
Jumlah
16
48

                       48
IPK/IPS = -----------
                       15
                    = 3,2

8. Cuti Akademik
Cuti akademik adalah pembebasan mahasiswa dari kewajiban mengikuti kegiatan selama jangka waktu tertentu. Cuti akademik dapat diberikan oleh STMIK Cikarang kepada mahasiswa sebanyak-banyaknya empat semester dan sekurang-kurangnya dua semester. Seorang mahasiswa yang akan mengambil cuti akademik harus mengajukan surat permohonan cuti kepada Pembantu Ketua I (Bidang Akademik) dan membayar biaya cuti yang ditentukan oleh lembaga. Selama cuti akademik berlangsung seluruh nilai yang pernah diperoleh oleh mahasiswa yang bersangkutan tetap berlaku.

9. Aktif Kuliah Kembali
Mahasiswa yang cuti akademik telah berakhir dan ingin aktif kembali diharuskan untuk :
a. Menyelesaikan persyaratan administrasi ke BAAK dengan membawa surat keterangan tentang pemberian cuti akademik.
b. Permohonan aktif kembali diajukan selambat-lambat 1(satu) bulan sebelum registrasi semester berikutnya.

Mahasiswa yang melewati batas masa akademik tanpa a pemberitahuan yang jelas akan dikenakan ketentuan sebagai berikut:
  1. Mahasiswa yang bersangkutan pada prinsipnya diberlakukan bukan lagi sebagai mahasiswa STMIK Cikarang.
  2. Mahasiswa yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dari STMIK Cikarang dan seluruh nilai yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku/hangus.
10. Ijazah dan Transkrip Akademik
Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya, STMIK Cikarang memberikan ijazah sebagai bukti kelulusannya dan transkrip akademik. Dalam transkrip akademik, dicantumkan seluruh mata kuliah yang telah diambil oleh mahasiswa pada suatu jenjang kebulatan studi tertentu yang dilengkapi dengan nilai dan indeks prestasi.

11. Tugas Akhir
Tugas akhir yang diterapkan oleh STMIK Cikarang :
a. Program Sarjana (S1)
    Skripsi, IPK sampai dengan semester VII adalah >= 2.50 (dua koma lima-nol) dan sudah lulus seluruh mata kuliah sampai dengan semester VII.
b Program Diploma Tiga (D3)
    Tugas Akhir, IPK sampai dengan semester V adalah >= 2.50 (dua koma lima-nol) dan sudah lulus seluruh mata kuliah sampai dengan semester V.

12. Predikat Kelulusan
Seorang mahasiswa yang telah dinyatakan dari seluruh kegiatan akademik, mendapat predikat sebagai berikut :
  1. Cum Laude (Terpuji), apabila mahasiswa yang bersangkutan memperoleh IPK >= 3.50 (tiga koma lima nol) dengan catatan tidak terdapat nilai C, D dan E pada Daftar Nilai Semester.
  2. Sangat Memuaskan, apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat pada butir (1) dan memperoleh IPK >= 3.00 (tiga koma nol-nol) dengan catatan tidak pernah memiliki nilai D dan E pada Daftar Nilai Semester.
  3. Memuaskan, apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat pada butir (1) dan (2) dan memperoleh IPK >= 2.50 (dua koma lima nol).
  4. . Cukup, apabila mahasiswa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat butir (1),(2) dan (3) di atas.
13. Putus Kuliah dan Batas Masa Studi
Mahasiswa yang dinyatakan putus kuliah atau putus studinya apabila tidak memenuhi persyaratan akademik dan batas masa studi menurut ketentuan yang berlaku di STMIK Cikarang, yaitu :
a. Untuk mahasiswa jenjang pendidikan S1, maka studi maksimum adalah 14 (empat belas) semester.
b. Untuk mahasiswa jenjang pendidikan D3, maka studi maksimum adalah 10 (sepuluh) semester.
Selanjutnya mahasiswa yang bersangkutan tidak diperbolehkan untuk melanjutkan studinya dan harus meninggalkan STMIK Cikarang. Hal-hal yang menyebabkan putus kuliah adalah melampaui baas masa studi untuk jenjang studi :
a. S1 : 8 - 14 semester
b. D3 : 6 - 10 semester

14. Tertib Kampus
Setiap mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Cikarang berkewajiban, yaitu :
a. Menjadi suasana ilmiah di dalam lingkungan kampus.
b. Berpakaian rapi dan tidak berkaos oblong.
c. Bersepatu dan tidak memakai sandal.
d. Memelihara dan menjaga sarana kampus.

15. S a n k s i
Bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Cikarang yang melakukan aktivitas yang merugikan kampus dapat dikenakan sanksi :
a. Peringatan.
b. Skorsing.
c. Dikeluarkan dari STMIK Cikarang.